Rabu, 07 April 2010

Ada apa dengan "whitenews"?



Hii..All,

Apakah arti warna putih bagi Anda?
Ketika pertanyaan ini saya ajukan ke seorang teman yang bergerak dibidang percetakan bilang bahwa putih itu bukan warna tapi warna kertas atau warna dasar...hmm saya tidak tahu apakah ini benar atau salah tapi dia tetap menyebutnya dengan kata "warna".

Bagi sohib saya yang suka baca dan senang hal hal beraroma pujangga atau filsafat warna putih adalah lambang kesucian.

Bagi seorang kawan lain yang kebetulan kulitnya agak gelap, warna putih adalah dambaan yang diinginkan bagi kulitnya, namun bagi seorang teman lain yang kebetulan agak jorok bin jarang mandi, warna putih menyerupai bentuk kepulauan dengan julukan "Pulau Panu" adalah momok yang harus ditutupi.

Bagi sobat yang pengamat politik...warna putih mewakili golongan putih alias golput.Suatu indikasi tingkat partisipasi pemilih dalam pemilu apakah menarik atau tidak !

Bagi seseorang disudut jalan lain. Warna putih tidaklah berarti apa apa baginya...mengapa harus repot mikir tentang suatu warna? mengapa dalam memaknai suatu warna saja harus berbeda atau harus sama. Cukuplah ketika bangun tidur ...lalu membuka mata dan masih bisa melihat berbagai warna, entah putih atau warna warna lainnya tidaklah penting. hal sama setiap hari adalah kenikmatan tersendiri.

Mungkin Anda bertanya bagaimana dengan saya, apa pendapat saya tentang warna putih. Dengan senang saya akan menjawab" Kita berhak memaknai warna putih sesuap kemauan kita sepanjang hal itu membuat kita lebih baik, lebih bahagia, lebih positif lagi".

Mungkin terdengar klise atau sok menggurui tetapi sekali lagi itulah hak saya untuk mengemukakan pendapat, sama seperti Anda yang berhak memaknai atau tidak memaknai sesuatu hal.

Bagi saya warna putih diatas hanyalah simbol saja dan bisa berarti banyak hal. Seringkali kita berebut dengan teramat sangat keras siapa yang lebih "berwarna putih" dibanding yang lain....nah nah tunggu dulu!!...ini juga memaknai sesuatu yang berkaitan dengan pemaknaan warna putih.

Hati hati dalam memaknai segala sesuatu karena pada akhirnya yang terpenting adalah bagaimana kita memaknai sesuatu hal, bukan pada simbol dari makna tersebut.

Untuk hal itulah ide dari blog ini dibuat. Whitenews adalah simbol dari informasi atau berita yang lebih memberi makna dan arti bagi kita semua. Jika di dunia mass media ada istilah bad news is good news yang diakui atau tidak mampu mengarahkan pikiran kita pada dikotomi siapa "badside" dan siapa "goodside" maka di whitenews, kita semua berhak untuk memaknai ulang secara independen dan mendapatkan makna paling indah menurut kita...karena sesungguhnya potensi mendapatkan keindahan dari sesuatu hal sama besarnya dengan potensi mendapatkan hal yang sebaliknya dari sesuatu.

so lets start the journey!








Tidak ada komentar:

Posting Komentar